Powered By Blogger

Sabtu, 26 November 2011

Tetralogi Andrea Hirata

Referensi Buku
at home
03:13
cak noer


Memang sudah basi informasinya, namun pesona hasil karya seorang novelis muda Indonesia ini tak pernah pudar, saya memang tak punya bukunya, namun pernah membaca jilid 1 dari tetraloginya, "laskar pelangi", dan menonton filmnya, begitupun dengan jilid ke dua, "sang pemimpi", belumlah saya baca bukunya, namun filmnya sudah beberapa kali saya tonton.

"Laskar Pelangi", memang awalnya saya tak mengetahui bahwa film itu diawali oleh ide cerdas sang novelis ini, setelah menonton filmnya, barulah saya baca novelnya, tak perlu membeli, karena salah seorang teman, dengan baik hati meminjamkannya. Satu kata penilaian saya untuk novelnya, HEBAT, lebih hebat daripada filmnya. Ketika saya menonton filmnya, memang, film yang bagus, penuh semangat dan menguras emosi, tapi ketika saya membaca bukunya, lebih hebat lagi, kita dibawa ke alam nyata pengalaman sang penulis, namun dalam penalaran khayalan dimensi yang berbeda. Emosi kita dibawa lebih dalam, ke setiap tokoh dengan karakternya sendiri-sendiri, bermain dalam dunia kata-kata dan imajinasi.

Kemudian, buku keduanya, "sang pemimpi", mengingatkan kita, agar memiliki mimpi, karena dengan mimpi manusia memiliki cita-cita yang harus diperjuangkan dengan segenap kemampuannya. Kejadian-kejadian lucu, masih menjadi magnet dari san novelis, mungkin agar para pembacanya tidak bosan dengan apa yang diceritakannya dalam buku ini, yang sebenarnya bukanlah hal unik dalam kehidupan sehari-hari. Dengan membaca dan menonton filmnya, membuat saya percaya dan tetap memelihara mimpi dan cita-cita saya agar menjadi kenyataan.

Tentang buku ketiga "Edensor" dan buku keempat "Maryamah Karpov", belumlah saya baca bukunya, namun menurut informasi yang saya terima dari beberapa teman-teman yang sudah membacanya, dua buku itu sesuatu yang harus dibaca, diselami pendalaman pengalaman sang novelis dalam berpetualang di beberapa negara Eropa dan kepulangannya ke kampung halaman, yang sekali lagi dilalui dengan tidak mudah. Itu semuanya terjadi karena dia masih memelihara mimpi indahnya untuk diusahakan menjadi kenyataan.

Jadi, kenapa kita harus melewatkan tetralogi karya novelis muda bangsa ini yang jenius? Jika anda adalah petualang buku, "seharusnya" anda memiliki salah satu karya terbaiknya dan jika anda sorang "pemimpi", bermimpilah dengan dengan indah sambil membaca "laskar pelangi" dan "sang pemimpi", kemudian bangkit berusaha dengan segenap kemampuan dengan membaca "Edensor" dan "Maryamah Karpov"

Note : BukaBuku.com  memberikan special price untuk tetralogi ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar