Powered By Blogger

Kamis, 15 Desember 2011

GADIS PANTAI


Resensi Buku
13 Desember 2011
17:28
at office
by cak noer

GADIS PANTAI
Penulis PRAMOEDYA ANANTA TOER




Minggu lalu, sepertinya sudah mejadi hal rutin, saya dan isteri menyempatkan mengunjungi tempat “favorite” saya, toko buku, dan tempat paling membosankan untuk isteri saya, toko buku.
Buku pilhan saya kali ini masih novel karya penulis idola saya “PRAM”, tak pernah bosa saya dengan buku-bukunya yang selalu memberikan inspirasi kehidupan untuk menjadi manusia BEBAS.
"Mengerikan bapak, mengerikan kehidupan priyayi ini..ah tidak..aku tak suka pada priyayi. Gedung-gedungnya yang berdinding batu itu neraka. Neraka. Neraka tanpa perasaan..."
kutipan diawal buku ini, begitu penuh dengan kepedihan dan perlawanan terhadap isolasi kebudayaan terhadap manusia, dikekang, diatur dan dipenjara oleh kebudayaan itu, padahal kebudayaan adalah hasil tingkah laku manusia.
Roman ini sejatinya adalah roman yg tidak terselesaikan, roman ini adalah sebuah trilogi, namun hanya satu buku yang terselamatkan dari keganasan penguasa. Gadis Pantai pun dipastikan tidak ada jika ANU (Universitas Nasional Australia) lewat salah satu mahasiswanya tidak medokumentasikan karya Pram ini. Hanya kepicikan pikir dan kekerdilan tradisi aksara yang memberangus roman ini.
Kali ini Pram ingin menunjukkan kekejian manusia yang berlindung didalam tembok-tembok tebal priyai. Kebebasan manusia menjadi pribadi yang bebas menjadi tumbal atas keganasan penguasa, dan satu lagi yang menjadi konsen pram disetiap roman karyanya, bukan hanya penindasan terhadap hak manusia, wanita yang selalu menjadi pelampiasan zaman, adalah salah satu tulisan pram yang menggerus hati dan pikiran.
Jika anda adalah penyuka feodalisme, jangan baca buku ini, karena anda akan dipukul habis-habisan oleh liukan dan ilustrasi detail tulisan Pram. Tidak hanya alam khayal anda yang akan terhibur dengan membacanya, akal pikiran anda akan terus dicoba untu memikirkan alur khayalan si penulis
Semoga bermanfaat !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar