Powered By Blogger

Sabtu, 11 Mei 2013

Percuma TAUBAT

copas dari GUSdurian


Ba'da Isya' Kiyai Sodron dapat undangan mengisi pengajian di slah satu rumah orang tua santrinya yang cukup jauh dari pesantren. Karena cuaca mendung dan sedikit gerimis, Kiyai Sodron pun memilih untuk naik taxi daripada naik sepeda motor sendiri.


Kiayi Sodron pun menghubungi sopir taxi langganannya. Tak berapa lama taxi pun datang dan beliau berangkat ke TKP (Tempat Kejadian Pengajian).

Ditengah perjalanan, sang sopir bertanya kepada Kiyai Sodron.

Sopir Taxi : "Maaf, Pak Kiyai. Kalau boleh saya bertanya, mengapa sih kita harus bertaubat?"

Kiyai Sodron : "Ya biar diri kita kembali bersih dari dosa."

Sopir Taxi : "Menurut saya percuma saja Pak Kiyai, nanti kan juga punya dosa lagi?"

Kiyai Sodron hanya tersenyum tak menjawab.

* * *

Sesampainya ditujuan.

Sopir Taxi : "Nanti pulang jam berapa, Pak Kiyai?"

Kiyai Sodron : "Mungkin sekitar dua jam kedepan."

Sopir Taxi : "Ya sudah Pak Kiyai, daripada saya balik kepangkalan juga belum tentu dapat penumpang, bagaimana jika saya tunggu di pom bensin depan sana? Nanti Pak Kiyai ke sana saja."

Kiyai Sodron : "Ya, insya Allah."

* * *

Seusai pengajian, Kiayi Sodron pun menuju ke pom bensin yang kebetulan tidak jauh dari rumah shohibul hajat. Tampak olehnya sang sopir taxi sedang mencuci mobilnya yang kelihatan kotor karena kehujanan.

Kiyai Sodron : "Assalaamu'alaykum, Mas. Sedang apa? Mari kita pulang."

Sopir Taxi : "Wa'alaykum salam, eh Kiyai sudah pulang. Iya, tunggu sebentar ya. Ini sedang nyuci mobil, nanggung kurang dikit."

Kiyai Sodron : "Kok dicuci segala, Mas. Biar apa?"

Sopir Taxi : "Kan tadi kehujanan, Kiyai. Jadi kotor, makanya saya cuci biar bersih. Biar penumpang senang."

Kiyai Sodron : "Menurut saya percuma saja, Mas. Sekarang masih gerimis, mending ga usah dicuci. NANTI JUGA KOTOR LAGI."

Sopir Taxi : "..?????!!!!!" (gigit gigit kain lap)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar