Powered By Blogger

Senin, 10 Juni 2019

Manusia Madura

Buku ini saya beli dan saya baca beberapa tahun silam, mungkin sepuluh tahun silam. Baru saat ini saya terpikir untuk me-resensinya. Maklumlah, bergumul dengan kemalasan rasanya berat, biar aku saja yang nanggung . . . . . . . ? ? ? ? ? ? ? ? ?

Oke kita lanjut ke pembahasan buku ini. Orang Madura atau etnis Madura memiliki stereotype yang unik di masyarakat. Tanyakan kepada sepuluh orang dari etnis lainnya (selain etnis Madura) tentang oraang Madura, pasti pendapatnya tidak jauh berbeda. Berwatak tegas cenderung kasar, teguh pendirian, "brangasan", dan bersuara nyaring jika berbicara. Stereotype semacam ini sudah berlaku sejak jaman Hindia Belanda yang terus bertahan sampai dengan saat ini. Kalau boleh saya simpulkan, persepsi terhadap etnis Madura kebanyakan "negatif", kalaupun ada sisi positifnya hanyalah pada cara etnis Madura memegang teguh ajaran Islam.

Buku ini adalah satu-satunya buku yang menjelaskan secara gamblang tentang Madura. Tidak hanya tentang manusia-nya, namun tentang kebudayaannya, adat istiadatnya dan tidak lupa tentang sejarahnya. Dengan bahasa yang sederhana, buku ini sangat enak untuk dibaca pada saat kita santai. Tidak "berat" namun tetap memberikan kita informasi tentang Manusia Madura.


Buku ini saya kira tidak mencoba untuk meluruskan stereotype manusia Madura yang beredar saat ini, namun buku ini memberikan wawasan baru bagi yang sama sekali atau sedikit mengetahui tentang Madura. Saya yang lahir dan besar di Madura, setuju dengan apa yang digambarkan dalam buku ini. Hanya satu menurut saya kekuarangannya, minimnya gambar pada buku ini kurang dapat memberikan pemahaman visual bagi pembaca, namun dengan harga yang relatif murah denganm kualitas cover dan kertas yang bagus, buku ini wajib dimiliki anda semua "pecinta buku".


Penulis : Mien Ahmad Rifai
Tebal : 504 halaman
Terbit : 01 maret 2007
Penerbit : Pilar Media, Yogyakarta
Resensiator :Teguh ali wahyudi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar