Powered By Blogger

Selasa, 02 Januari 2018

Resensi Buku : (Novel) Spora

Penulis                   : Alkadiri
Penyunting            : Dyah Utami
Genre                     : Horor Fiksi
Penerbit                 : Moka Media
Halaman                : 238 Halaman
ISBN                        : 979-795-910-4

Melihat gambar sampulnya membuat pikiran saya menerawang, berangan-angan tentang petualangan misteri sci-fi.Teka-teki yang akan membuat pembaca buku ini ketagihan membayangkan kelanjutan dari halaman berikutnya. Benar saja, halaman-halaman awal dari novel ini menggugah selera saya untuk semakin hanyut oleh cerita yang dibangun oleh pengarangnya.

Ketegangan dimulai ketika salah seorang siswa SMU menemukan sesosok mayat yang kepalanya hancur di halaman sekolahnya. Alif namanya, menjadi tokoh utama dalam novel ini. Petualangannya bersama Rina dan Fiona dibumbui oleh perasaan ketiganya. Antara sahabat atau gadis yang disukai. 

Misteri dari cerita pada novel ini mungkin agak sedikit "hambar" menurut saya karena sebagai orang Indonesia, "spora" yang jadi penjahatnya jauh dari "budaya" lokal. Tapi saya akui, penulis mencoba sesuatu yang berbeda dari kebiasaan orang Indonesia memaknai "horor".

Penulis berhasil membawa saya benar-benar hanyut dalam setiap kalimat pada lembaran-lembaran buku ini. Sesuatu yang tidak saya duga dan akhir yang benar-benar tidak saya duga adalah nilai lebih dari novel ini. Saya pernah beberapa kali membaca novel dari penulis Indonesia, novel ini adalah salah satu yang terbaik untuk genre anak muda. Bacaan ringan tanpa unsur yang "jelimet" ditampilkan dengan apik oleh penulisnya. Tidak banyak - menurut saya - penulis Indonesia yang seperti ini,

Kesimpulannya adalah sangat recomended novel ini sebagai bacaan di kala kebosanan melanda. Memang misterinya tidak seberat ketika kita membaca novel "Sherlock Holmes", namun sudah cukup membuat pembacanya terjebak alur cerita yang memang diinginkan penulisnya. Salut untuk "Alkadiri" sang penulis.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar